Wajar, Anggota DPR nge-Facebook (daripada e-mail/SMS). Karena?

30 Apr 2009

dpr-facebook

Pertumbuhan pengguna facebook di Indonesia sangatlah luar biasa! Jika sekitar awal Maret 2009 lalu saya sempat menulis bahwa fesbuker (istilah untuk pengguna facebook) di Indonesia “baru” mencapai sekitar 1,5 juta orang, maka per akhir April 2009 ini telah mencapai lebih dari 3 juta orang (menurut checkfacebook.com, 30/04/2009). Ini berarti hanya dalam 2 bulan saja, terdapat pertumbuhan fesbuker lokal sebesar 100%. Fantastis!

Yang luar biasa lagi, walau Indonesia bukanlah “10 largest country” maupun “10 fastest growing” untuk fesbuker menurut checkfacebook.com, tetapi salah satu negara penyumbang trafik tertinggi ke situs facebook.com adalah Indonesia pada posisi ke-5 (menurut Alexa.com, 30/04/2009), mengalahkan Canada yang berada di posisi ke-6 walau dengan prosentase yang sama (3,8%).

Padahal jumlah fesbuker di Canada, menurut checkfacebook.com tercatat lebih dari 11,5 juta orang. Hampir 4 kalinya jumlah fesbuker Indonesia. Dengan sumbangan trafik yang nyaris sama (antara Indonesia dengan Canada), tetapi dengan jumlah fesbuker Indonesia yang 4 kali lebih sedikit, apakah ini berarti fesbuker Indonesia 4 kali lebih rajin “main fesbuk” ketimbang Canada (atau sekian kali lebih rajin ketimbang negara lain)?

-

Mengalahkan Yahoo (dan SMS)

Ada hal seru lainnya, jika kita telaah data dari Alexa.com (30/04/2009). Ternyata peta “top-sites” yang dikunjungi oleh pengguna Internet di Indonesia telah berubah. Facebook.com kini merangsek ke urutan-2, mengalahkan Yahoo.com!

Padahal kedigdayaan Yahoo.com sempat tak terkalahkan, karena kita tahu bahwa Yahoo.com unggul dengan layanan e-mail gratis dengan kapasitas besar + layanan mailing-listnya! Dengan tergesernya posisi Yahoo.com menjadi di bawah Facebook.com di Indonesia, maka penjelasan logisnya adalah kini facebook.com bisa sejajar perannya sebagai sebuah penyampai pesan (e-mail) dan ajang diskusi yang selama ini di-”kuasai” oleh Yahoo.com.

Apalagi dengan adanya layanan blackberry ataupun ponsel ber-GPRS lainnya yang murah-meriah tetapi sudah atau bisa dilengkapi dengan sofware facebook. Maka bisa jadi, selain akan menggantikan fungsi e-mail standar yang selama ini kita kenal, facebook juga perlahan dapat menggantikan fungsi SMS!

-

Jadi, menurut saya wajar jika anggota DPR pakai facebook. Karena facebook adalah sebuah ekosistem komunikasi antar individu ataupun kelompok yang fenomenal pertumbuhannya. Saya berani bertaruh, pasti lebih gampang (dan lebih lengkap) mencari alamat kontak (sekedar e-mail ataupun nomor ponsel) rekan kita di akun facebook kita, ketimbang harus mencari di phonebook ataupun di catatan dalam bentuk lainnya.

Bahkan daripada repot-repot, kita kadang lebih sering mengirimkan pesan melalui facebook message (ataupun wall), ketimbang harus mengetik SMS, mengirimkan e-mail standar atau bahkan menelpon sekalipun :)

-

-dbu-


TAGS


-

Author

Follow Me