UPH - Perkuliahan

14 Jan 2009

UPH

Mata Kuliah: Computer-Mediated Communication

Postingan ini adalah sebagai media informasi perkuliahan mata kuliah terkait pada Universitas Pelita Harapan - Jakarta., khususnya pada kelas yang saya ampu. Seluruh materi tugas dan diskusi setiap pertemuan, akan diposting secara transparan kepada mahasiswa untuk dikerjakan dalam berbagai bentuk media komunikasi. Dipersilakan bagi siapapun untuk memberikan komentar, saran, kritik atas tugas yang telah dikerjakan oleh para mahasiswa pada blog mereka masing-masing.

Pertemuan 1 (16/1/2009) :

1). introduksi, 2). syarat perkuliahan per kelompok: buku wajib (Computer Mediated Communication: Social Interaction and The Internet), journal wajib (http://www3.interscience.wiley.com/journal/117979306/toc), laptop + akses Internet, 3). keterlambatan mahasiswa hanya ditolerir 20 menit setelah perkuliahan dimulai, 4). harus punya account di blog, slideshare dan facebook.

-

Pertemuan 2 (23/1/2009) : 1). buat blog kelompok dengan data lengkap, 2). posting alamat blog Anda pada bagian komentar halaman ini (seusai contoh), 3). silakan lakukan familiarisasi dengan journal online http://www3.interscience.wiley.com/journal/117979306/toc, 4). diskusi kelompok sesuai tema yang dipilih dosen !

Project penelitian kelompok (tentatif) :

  • 01: penggunaan media online (media baru) bagi kampanye politik di Indonesia (topik ok, jurnal belum!)
  • 02: kaskus sebagai media jual-beli online di Indonesia (topik ok, jurnal sudah!) V
  • 03: etika komunikasi dalam konteks flamming di fitur komentar berita atau forum (topik ok, jurnal belum!) V
  • 04: long distance (love) relationship via instant messaging (topik ok, jurnal belum!)
  • 05: kreativitas musisi indie-label dalam berpromosi di dunia maya (topik ok, jurnal belum!) V
  • 06: efektifitas penggunaan fitur invitation facebook pada acara musik (topik ok, jurnal belum!)
  • 07: dampak fitur facebook (status + tag photo) terhadap aspek privasi penggunanya (topik ok, jurnal sudah)
  • 08: dampak penggunaan messager di blackberry terhadap konsentrasi berkendara (topik, jurnal belum!)
  • 09: motivasi jual-beli produk pakaian wanita melalui layanan friendster (topik ok, jurnal sudah!)

-

Pertemuan 3 (30/1/2009) :

1). Pahami kalimat ini: “You are who you pretend to be“. Secara teori, computer-mediated communication (CMC) menawarkan kesempatan istimewa untuk melakukan identity play! Bagaimana trend tersebut saat ini? Kemudian cari kaitannya dengan konsep Johari Window! Jelaskan di blog kelompok menggunakan bahasa Indonesia selengkapnya! Ingat, penjelasan harus berdasarkan studi literatur dari Internet + jurnal CMC online. Sumber harus dicantumkan serta DILARANG KERAS COPY-PASTE! (waktu: 60 menit)

2). Paparkan progres rencana penelitian CMC per kelompok dengan penyanding berupa penelitian/jurnal pendukungnya (waktu: 60 menit)

-

Pertemuan 4 (6/2/2009) - Seluruh Kelompok :

Tugas 1 (bobot 20%, bagi yang hadir!) :

Jelaskan bagaimana facebook berpengaruh dalam kehidupan sosial anda / kelompok Anda! (note: jawaban harus diposting selambatnya 09.00 WIB di blog kelompok. Tulis nama dan nim HANYA yang hadir saja, untuk poin tambahan!)

Tugas 2 (bobot 40%):

  1. Jelaskan fenomena yang menjadi konteks ketika Agence France Presse (AFP) melarang seluruh wartawannya untuk mengutip Facebook, Wikipedia dan sumber dunia maya lainnya, pasca pembunuhan PM Pakistan Benazir Bhutto dan kaitannya dengan sang putra mahkota!
  2. Jelaskan mengapa pada Desember 2007 Facebook harus meminta maaf kepada seorang anggota parlemen bernama Steve Webb!
  3. Apa kaitannya (secara teoritis) kedua kasus di atas dengan fenomena berikut:

Paparkan jawaban atas pertanyaan di atas pada blog kelompok menggunakan bahasa Indonesia! Jumlah kata: 1000 s/d 1200 kata. Ingat, penjelasan harus dikaitkan pula pada studi literatur dari Internet, jurnal CMC online ataupun buku Computer Mediated Communication. Sumber literatur harus dicantumkan serta DILARANG KERAS COPY-PASTE! Cantumkan identitas anggota kelompok secara lengkap pada bagian akhir jawaban. Posting paling lambat Kamis (12/2/2008), pukul 17.00 WIB!

Tugas 3 (bobot 40%) :

Secara berkelompok, siapkan ringkasan jawaban atas tugas di atas dalam bentuk powerpoint, tepat 10 halaman (di luar cover)! Presentasi/ppt HARUS/WAJIB menggunakan model/teknik “presentation zen”. Informasi tentang Presentation Zen dapat dibaca antara lain di www.presentationzen.com dan contoh2nya bisa dilihat di www.slideshare.net dengan kata kunci “presentation zen”. Kemudian materi presentasi harus sudah ter-upload di www.slideshare.net, dan diposting url/link-nya di http://www.slideshare.net/group/donnybu paling lambat Kamis (12/2/2008), pukul 17.00 WIB!

Jika tidak menggunakan model/teknik Presentation Zen dan/atau tidak di-upload ke SlideShare.net dan/atau tidak diposting url/link-nya di group/donnybu tersebut di atas, maka dianggap TIDAK mengumpulkan tugas dan dipersilakan untuk belajar mandiri di perpustakaan (tanpa mengisi daftar hadir kelas harian / absensi), hingga seluruh tugas di atas selesai. Materi presentasi harus siap dipaparkan dan didiskusikan pada pertemuan berikutnya, Jumat (13/2/2008) !

-

Pertemuan 5 (13/2/2009) - Seluruh Kelompok :

Tugas 1 (bobot 40%) :

- Silakan klik url berikut ini: http://facebookforparents.org dan http://www.usatoday.com/tech/webguide/internetlife/2007-10-03-teens-facebook_N.htm. Diskusikan dengan kelompok Anda mengenai latar-belakang hingga terjadinya / munculnya dua artikel tersebut di atas! Posting hasil diskusi kelompok Anda ke blog, paling lambat pukul 10.30 WIB (jika posting lebih dari jam tersebut, bobot hanyalah 10%)

- Secara bergantian, setiap kelompok wajib mempresentasikan materi presentasi yang telah dibuat pada tugas 3 pertemuan 4, dengan durasi tidak lebih dari 5 menit per kelompok. Total waktu dibatasi hingga maksimal 11.00 WIB

Tugas 2 (bobot 30%) :

- Silakan tonton tayangan di YouTube dengan alamat http://www.youtube.com/watch?v=jjXyqcx-mYY dan http://www.youtube.com/watch?v=Us-TVg40ExM. Diskusikan dengan kelompok Anda mengenai pemanfaatan YouTube sebagai bentuk komunikasi persuasif kepada khalayak luas!

- Kemudian jelaskan fenomena apa yang terjadi terkait dengan fenomena di atas pada blog kelompok menggunakan bahasa Indonesia! Penjelasan minimal 1000 kata, maksimal 1200 kata! Ingat, penjelasan harus dikaitkan pula pada studi literatur dari Internet, jurnal CMC online ataupun buku Computer Mediated Communication.

- Sumber literatur harus dicantumkan serta DILARANG KERAS COPY-PASTE! Cantumkan identitas anggota kelompok secara lengkap pada bagian akhir jawaban. Posting paling lambat Jumat (13/2/2008), 4 (empat) jam setelah perkuliahan mata kuliah ini selesai! Diperkenankan mengerjakan di luar kelas, sepanjang masih di dalam lingkungan kampus UPH.

Tugas 3 (bobot 30%) :

- Buatlah presentasi dengan teknik presentation zen, persis sebagaimana telah diatur pada tugas 3 pertemuan 4 di atas! Tiap kelompok hanya harus membuat presentasi terkait dengan tugas 2 di atas. Materi presentasi harus siap dipaparkan dan didiskusikan pada pertemuan berikutnya, Jumat (20/2/2008) !

Pertemuan 6 (20/2/2009) - Seluruh Kelompok :

Tugas 1 (bobot 50%) :

- Silakan tonton tayangan di YouTube dengan link/url di ………. [silakan per kelompok mengirimkan sms ke saya untuk mendapatkan link/url-nya. sebutkan nama, perwakilan kelompok berapa dan kelas jam 7.30 atau 10.00 pada sms tersebut. kelompok yang tidak mengirimkan sms dan/atau belum mendapatkan reply sms dari saya, DILARANG mengerjakan tugas ini]

- Diskusikan secara berkelompok poin-poin apa saja yang dikemukakan dalam tayangan tadi. Kemudian jabarkan secara lengkap dan komprehensif hasil diskusi kelompok Anda pada blog kelompok menggunakan bahasa Indonesia! Panjang artikel minimal 1000 kata, maksimal 1200 kata! DILARANG KERAS COPY-PASTE DARI MANAPUN!

- Postingan harus selesai maksimal 90 menit setelah perkuliahan dimulai sesuai jadwal kampus. Jika mengumpulkan lebih dari 90 menit hingga 120 menit sejak awal perkuliahan, maka bobot akan dikurangi menjadi 20%. Lebih dari jadwal tersebut, maka bobot menjadi 0%. Melakukan copy-paste dan/atau panjang artikel kurang dari 1000 kata, maka bobot otomatis menjadi 0%!

Tugas 2 (bobot 20%) :

- Secara bergantian, setiap kelompok wajib mempresentasikan materi presentasi yang telah dibuat pada tugas 3 pertemuan 5, dengan durasi tidak lebih dari 5 menit per kelompok.

Tugas 3 (bobot 30%) :

- Buatlah presentasi dengan teknik presentation zen, persis sebagaimana telah diatur pada tugas 3 pertemuan 4 di atas! Tiap kelompok hanya harus membuat presentasi terkait dengan tugas 1 di atas. Materi presentasi harus siap dipaparkan dan didiskusikan pada pertemuan berikutnya, Jumat (27/2/2008) !

-

Pertemuan 7 (27/2/2009) - Seluruh Kelompok :

- Presentasi

-

Pertemuan 8 (6/3/2009) - MID TEST :

- Tugas Kelompok (09.00 s/d 10.30 WIB), Open Book, Bobot 50% :

1. “Pada saat Internet mewujudkan konsep prosumer dewasa ini, maka jumlah informasi yang tersedia akan melebihi dari kebutuhan. Sehingga akan makin banyak informasi yang tidak terkonsumsi hingga informasi sampah dan nantinya akan mengakibatkan pergeseran komposisi antara informasi yang bermanfaat dan yang tidak di Internet”.

Setujukah kelompok Anda pada pernyataan tadi? Jelaskan alasan kelompok Anda, dilengkapi dengan argumen, fakta atau landasan teori yang relevan, tidak boleh sekedar asumsi atau ngecap! Jawab di blog kelompok Anda dengan judul: “Internet dan Budaya Prosumer“.

Panjang artikel minimal 600 kata. DILARANG KERAS COPY-PASTE DARI MANAPUN! Sumber literatur HARUS disebutkan di bagian bawah artikel. Jangan lupa cantumkan nama seluruh anggota kelompok Anda dipostingan tersebut.

2.

Indonesia Facebook vs Friendster

Google Trends: Facebook vs Friendster di Indonesia

Jelaskan fenomena yang terjadi pada grafik di atas. Penjelasan kelompok Anda, dilengkapi dengan argumen, fakta atau landasan teori yang relevan, tidak boleh sekedar asumsi atau ngecap! Jawab di blog kelompok Anda dengan judul: “Facebook vs Friendster“.

Panjang artikel minimal 600 kata. DILARANG KERAS COPY-PASTE DARI MANAPUN! Sumber literatur HARUS disebutkan di bagian bawah artikel. Jangan lupa cantumkan nama seluruh anggota kelompok Anda dipostingan tersebut.

-

- Tugas Perseorangan (10.30 s/d 11.00 WIB), Open Book, Total Bobot 50% :

(tulis jawaban Anda pada lembar jawaban yang telah disediakan dan JANGAN LUPA CANTUMKAN KODE KELOMPOK ANDA pada bagian atas lembar jawaban Anda)

-

1. Tugas Perseorangan 1 (bobot 20%)

Premis A: Pada sebuah artikel di jurnal American Psychological Association,Kraut (et all) menulis, “greater use of the internet is associated with declines in participants’ communication with family members in the household, declines in the size of their social circle, and increases in their depression and loneliness“.

Premis B: Computer Mediated Communication kerap dinyatakan sebagai pemicu terjadinya perilaku asosialitas dan antisosialitas dalam berkomunikasi.

Pertanyaan: Jelaskan secukupnya apakah yang disebut dengan “asosialitas” dan “antisosialitas”! Seperti apa kaitan antara premis A dengan premis B tersebut? Bagaimana menurut pendapat pribadi Anda mengenai pernyataan yang diajukan pada premis A dan premis B tersebut?

Petunjuk: Jawaban HARUS/WAJIB berdasarkan/sesuai pada literatur yang ada, semisal pada buku Computer Mediated Communication (Social Interaction and The Internet) atau jurnal online yang relevan dan kredibel. Petunjuk kunci: “Dinamika Komunikasi Interpersonal Bermediasi Komputer“.

-

2. Tugas Perseorangan 2 (bobot 15%)

Menurut ilmuwan komputer Swedia, Jacob Palme, setidaknya ada 5 (lima) alasan mengapa orang bisa menikmati komunikasi bermediasi komputer, seperti pada forum online. Sebutkan dan jelaskan secara singkat ke-5 alasan tersebut.

Petunjuk: Jawaban HARUS/WAJIB berdasarkan/sesuai pada literatur yang ada, semisal pada buku Computer Mediated Communication (Social Interaction and The Internet) atau jurnal online yang relevan dan kredibel. Petunjuk kunci: “Dinamika Komunikasi Kelompok Bermediasi Komputer“.

-

3. Tugas Perseorangan 3 (bobot 15%)

Dalam berbagai jurnal (komunikasi, psikologi, sosiologi), keberadaan anonimitas dalam CMC diklaim sebagai jalan menuju sebuah hal yang disebut dengan istilah disembodiment. Jelaskan apa yang disebut dengan disembodiment, berikut dengan contohnya!

Petunjuk: Jawaban HARUS/WAJIB berdasarkan/sesuai pada literatur yang ada, semisal pada buku Computer Mediated Communication (Social Interaction and The Internet) atau jurnal online yang relevan dan kredibel. Petunjuk kunci: “Identitas Online

-

Pertemuan (18/4/2009)

Tugas Kelompok (Pra-UAS):

1.) Jelaskan fenomena yang dibalik kejadian berikut ini –> http://donnybu.blogdetik.com/2009/04/16/perempuan-diperkosa-teman-chatting-duh (artikel lengkapnya silakan cari di http://epaper.kompas.com)

  • Jawaban harus dikaitkan dengan sejumlah teori yang relevan, baik dari buku CMC maupun jurnal CMC online
  • Sumber teori harus dituliskan secara lengkap!
  • Jawaban minimal 600 kata, maksimal 800 kata!
  • Jawaban harus di-posting di di blog masing-masing kelompok paling lambat pukul 13.00 WIB
  • Jawaban juga harus di-print dan dikumpulkan langsung ke saya antara pukul 13.00 s/d 13.00 WIB di ruang dosen (harus bertemu langsung dengan saya)
  • Tulis dengan lengkap nama dan data anggota kelompok HANYA yang hadir saja!
  • Bobot 50%

2). Buatlah rangkuman atas progres proyek penelitian CMC yang telah kelompok Anda lakukan! Rangkuman harus disajikan secara rapi, dalam bentuk diketik dan diprint. Jika dilengkapi dengan grafis, tabel, ilustrasi dan data/informasi penunjang lainnya (dalam bentuk apapun), akan lebih baik.

  • Rangkuman minimal 600 kata, maksimal 800 kata!
  • Rangkuman harus di-posting di di blog masing-masing kelompok paling lambat pukul 13.00 WIB
  • Jawaban juga harus di-print dan dikumpulkan langsung ke saya antara pukul 13.00 s/d 14.00 WIB di ruang dosen (harus bertemu langsung dengan saya)
  • Tulis dengan lengkap nama dan data anggota kelompok seluruhnya!
  • Bobot 50%

-dbu-


TAGS


-

Author

Follow Me