Terrorist “Weapons”? Blackberry, GPS and Google Earth!

9 Jan 2009

blackberry 8310Tahukah Anda bahwa selain melengkapi diri dengan senjata laras panjang semisal AK-47 dan granat, para teroris kini juga mengandalkan “senjata” Blackberry? Ya, ini kisah nyata. Aksi para teroris di Mumbai India pada akhir November 2008 lalu, adalah buktinya!

Apa yang dilakukan para teroris tersebut dengan Blackberry? Ternyata mereka memanfaatkannya untuk memantau respon dunia internasional, mengetahui keadaan di sekitar tempat mereka menjalankan aksi dan tentu saja untuk tetap berhubungan dengan rekannya yang lain.

Tidak hanya Blackberry, para teroris juga diyakini menggunakan Google Earth untuk menyusun rencana serangan mereka. Para teroris yang dalam aksinya memakan korban 172 orang tersebut juga menggunakan global positioning system (GPS) sebagai pendukung gerakan dan posisinya.

Di tulisan ini, akan dicontohkan pula penggunaan Blackberry, GPS dan Google Earth, seolah-olah saya tengah mempersiapkan suatu aksi “tertentu”.

CONTOH PRAKTEK

Untuk lebih memahami cara pelaku kejahatan (termasuk teroris) memanfaatkan teknologi tersebut di atas, saya mencoba melakukan berbagai “persiapan” menggunakan Blackberry 8310 dengan akses GPRS dari XL.

Anggap target aksi saya (apapun aksi saya itu), adalah sebuah area di kawasan Patung Jenderal Sudirman, di Jalan Sudirman - Jakarta. Maka yang saya lakukan adalah dengan mengambil foto lokasi dari ketinggian tertentu (dari gedung bertingkat sekitar), menggunakan Blackberry saya.

Kemudian foto tersebut saya kirimkan via e-mail, menggunakan akses GPRS, ke e-mail anggota tim lain yang akan beraksi. Dalam contoh praktek ini, saya kirimkan foto tersebut ke e-mail pribadi saya di dbu [at] donnybu.com.

Inilah hasil foto yang saya ambil:

target visual

Hasil foto ini dapat menjadi alat bantu visual bagi tim untuk menentukan target aksi.

-

Selanjutnya, dengan software gratisan GPSed, saya bisa mendapatkan titik koordinat saya di buka bumi (lat-long). Sekaligus dengan software itu pula saya mengirimkan data koordinat tadi ke e-mail saya. Hasil kiriman tadi akan berisi antara lain data teks yang tertulis seperti ini “http://where.gpsed.com/w.php?lat=-6.204127&lon=106.821663&uname=donnybu

Setelah masuk ke situs yang ditunjuk pada URL di atas, saya kemudian memilih “satellite view”. Inilah hasil tayangan di Google Earth, sesuai dengan titik koordinat saya tadi:

target google earth

Hasil tayangan tersebut dapat menjadi alat bantu bagi tim pelaksana aksi untuk mengetahui lokasi tepatnya titik target aksi, sekaligus memetakan wilayah sekitarnya. Tanda panah hijau adalah lokasi saya mengambil foto target tadi.

Selanjutnya, aksi akan dijalankan oleh tim yang telah mendapatkan data-data utama tersebut di atas. Anggaplah aksinya adalah aksi yang positif, misalnya bersih-bersih lingkungan :)

Blackberry 8310 saya berhasil menangkap sinyal dari 8 satelit, dari minimum cukup 3 satelit untuk menentukan titik koordinat di muka bumi. Nah dengan software GPSed tadi, dengan dibantu oleh sejumlah satelit GPS di langit, saya bisa membuat tracking dari satu titik ke titik lain.

Track tersebut bisa di-save, untuk digunakan dikemudian hari. Cara berpikirnya adalah demikian: anggap saya adalah orang yang ditunjuk untuk melakukan sejumlah persiapan aksi. Maka saya akan melakukan observasi sejumlah track yang nantinya bisa ditempuh oleh tim pelaksana aksi, baik untuk jalur masuk ke target maupun keluar dari target, yang “aman”.

Contoh hasil tracking tersebut dapat dilihat di alamat: http://gpsed.com/track/7897905416329033280

Dari hasil tracking tersebut, kemudian akan dapat saya share ke anggota tim yang lain untuk disimpan di Blackberry mereka masing-masing. Jadi saat mereka menjalankan aksinya dikemudian hari, mereka cukup bermodalkan Blackberry + GPS + Google Earth tersebut sudah bisa cepat masuk dan keluar dari titik target melalui track yang sudah ditentukan sebelumnya. Lebih ciamik lagi kalau Blackberry tersebut diinstal pula dengan Google Maps for Blackberry!

-

Dari contoh praktek di atas, saya kemudian menjadi paham, mengapa para teroris kini memanfaatkan teknologi informasi terkini, semisal Blackbery, GPS dan Google Earth, untuk menjalankan aksinya. Tentu saja tidak ada jaminan bahwa apa yang saya lakukan di atas persis ataupun berbeda jauh dengan yang dilakukan oleh para teroris, selain hanya sekedar perkiraan awal :)

Tulisan ini tidak untuk mengajarkan bagaimana kita menjalankan aksi negatif! Gunakanlah untuk keperluan yang positif, semisal aksi bersih-bersih lingkungan tadi :)

Pun, tulisan ini juga untuk mengajak khalayak luas, khususnya para penegak hukum, untuk lebih waspada dan paham bahwa teknologi informasi, seperti pisau bermata dua, dapat juga untuk mendukung sejumlah aksi kejahatan, termasuk terorisme. Siapkah kita?

-dbu-


TAGS


-

Author

Follow Me