Netter Indonesia Males, Karena Hanya Nyawer 2,7 Halaman Web di Internet! Benarkah?

15 Dec 2008

indonesia vs singapore

Bener ndak kira2 fakta yang diangkat dari judul di atas? Judul di atas, berdasarkan fakta yang tersaji pada gambar di atas. Itung2annya memang simpel, tidak pake pendekatan yang akademis dan njlimet. Saya search kata “indonesia” di google, khususnya yang “pages from Indonesia“, kemudian hasilnya dibagi dengan jumlah pengguna Internet di Indonesia. Demikian pula untuk “singapore”, yang akan menghasilkan “pages from Singapore“.

Maka hasilnya akan muncul, pengguna Internet (netter) di Indonesia yang jumlahnya jauh lebih banyak daripada Singapura, ternyata produksi kontennya per user jauh lebih sedikit (dari Singapura). Di Singapura, 1 orang memproduksi 7,8 halaman web, sedangkan di Indonesia hanya 2,7 halaman web. Search saya lakukan pada hari Sabtu (13/12/2008), pukul 11.00 WIB.

Benarkah demikian kondisi di atas, bahwa kita ternyata tidak seproduktif Singapura (dalam konteks menyediakan konten lokal)? Bagaimana menurut Anda?

Pastinya, gambar di atas adalah salah satu halaman presentasi yang saya sajikan dalam acara diskusi konten lokal di komunitas garasi lombok 33 - bandung.

-dbu-


TAGS


-

Author

Follow Me