Nyupir (dan disupirin) pake alat bantu GPS

24 Feb 2008

Taxi BarcelonaTaksi di Barcelona rata-rata sudah memasang GPS. Jadi kalau ingin menuju ke suatu tempat, kalau tidak hapal jalan atau tempatnya, pengemudi tinggal input nama jalannya, lalu perjalanan akan dipandu oleh GPS.

Pada tanggal 14 s/d 17 Februari 2008, saya sempat mencoba jalan darat dari Barcelona ke Madrid (via Saragoza) sekitar 6 jam perjalanan, kemudian Madrid ke Valencia sekitar 3 jam perjalanan, dan balik dari Valencia ke Barcelona sekitar 3 jam. Di Madrid dan Valencia, nginep semalem-semalem.

Naik mobil sewaan, nyupir sendiri bergantian dengan CEO Agrakom-Detikcom, Abdul Rahman (AR). Modalnya yaa pake google maps di blackberry yang digunakan AR.

Walau beberapa kali sempet gak matched positioningnya antara kenyataan dan tampilan di google maps, tetapi secara umum perjalanan antar kota tersebut, dan juga saat blasak-blusuk di dalam kotanya, sangat terbantukan dengan google maps tersebut. Nyasar sih jangan ditanya, bolak balik. Meskipun sudah bermodal peta digital tadi + peta konvensional dari kertas :P

Tetapi experience mencari arah di negara orang dengan bantuan google maps, sangat berkesan. Yang tau2 nemu jalan buntu, padahal di google maps nggak. Atau tau2 jalan lagi diperbaiki, jadi cari jalan muter2 gak keruan. Belum lagi kalau sudah masuk terowongan simpang susun (interchange), google maps jadi budeg, tau2 udah keluar dimana tauu…. positioning di google mapsnya ke delay gak keruan. :)

Btw, bagaimana kalau taksi2 di jakarta di kasih gps juga yah di dalam mobilnya? Trus ditambah informasi trafik (kemacetan). Pasti bisa saving time (dan money) banyak banget tuh. Bisa cari jalan alternatif yang lebih cepat dan akurat.

Keterangan foto: taksi di barcelona (fotografer: donnybu)

-dbu- / donnybu / donny bu / donny b.u.


TAGS barcelona gps blackberry google maps taksi taxi


-

Author

Follow Me